Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 3 No 4 (2023): Volume 3, No. 4, Oktober 2023

Peningkatan Pemahaman Konsep Ekologi Mahasiswa melalui Penerapan Model Problem-Based Learning pada Mata Kuliah Ekologi

Pahlevi, Muhammad Rizza (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Taopan, Wasti (Unknown)
Ren, Chen Qi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep ekologi mahasiswa. Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) pada mata kuliah ekologi di Universitas Kristen Cipta Wacana (UKCW), dengan subjek 30 mahasiswa semester satu. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa. Pada siklus I, mayoritas mahasiswa berada dalam kategori rendah (40%) dan sangat rendah (26,7%), dengan hanya 6,7% yang mencapai kategori tinggi. Setelah intervensi berupa penerapan PBL, hasil siklus II menunjukkan peningkatan di mana 33% mahasiswa mencapai kategori sangat tinggi dan 40% kategori tinggi, dengan tidak ada mahasiswa yang berada dalam kategori sangat rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman ekologi mahasiswa sekaligus mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kolaborasi. Pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran ekologi guna mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik yang kompeten dan adaptif terhadap tantangan global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...