Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 4 No. 2 (2024): Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2024

Jenis dan Proses Evaluasi Pendidikan

Lintang Alifa Lubis (Unknown)
Farlentia Era Dewi (Unknown)
Khairani Balqis (Unknown)
Ihsan Maulana (Unknown)
Khairul Hidayat (Unknown)
Mhd Abdi Fadillah Ritonga (Unknown)
Fikri Farhanul (Unknown)
Mhd Aslam Fikri Lubis (Unknown)
Bagas Herawan (Unknown)
Tiara Melisa Br Sembiring (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis jenis dan proses evaluasi pendidikan di Indonesia, serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Evaluasi pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Jenis evaluasi yang digunakan meliputi evaluasi formatif, sumatif, diagnostik, autentik, berbasis kompetensi, dan berbasis teknologi. Setiap jenis evaluasi memiliki fungsi yang berbeda dalam mendukung proses pembelajaran. Proses evaluasi pendidikan meliputi tahapan perencanaan, pengumpulan data, analisis, interpretasi hasil, dan tindak lanjut yang bertujuan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif bagi pendidik dan peserta didik. Meskipun demikian, pelaksanaan evaluasi di Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya manusia pendidik, ketidakmerataan fasilitas, serta keterbatasan instrumen evaluasi yang valid dan reliabel. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas evaluasi pendidikan, diperlukan pengembangan kapasitas pendidik, pemerataan fasilitas, dan pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...