Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 4 No. 2 (2024): Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2024

Tes Standar dan Tes Non Standar

Yustina Andra (Unknown)
Nova Kemala Syahputri (Unknown)
Sabila Fatun Nisa (Unknown)
Donny Ananta (Unknown)
Normansyah (Unknown)
Mita Dwi Amanda (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)
Muhammad Rivai (Unknown)
Siti Zahara (Unknown)
Putri Maisyarah Batubara (Unknown)
Mhd Ibra Alfathir (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Tes merupakan salah satu alat evaluasi yang penting dalam sistem pendidikan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Secara umum, tes dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu tes standar dan tes non-standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan, keunggulan, dan tantangan dari kedua jenis tes tersebut, serta relevansinya dalam proses pembelajaran. Tes standar dirancang dengan prosedur baku dan digunakan secara luas dalam evaluasi skala nasional atau internasional, seperti ujian nasional, tes masuk perguruan tinggi, dan sertifikasi profesi. Tes ini memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi, namun sering dikritik karena kurang fleksibel dan kurang mencerminkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi yang tepat antara tes standar dan non-standar dapat menghasilkan evaluasi yang lebih komprehensif dan efektif dalam mendukung pembelajaran. Pemahaman yang mendalam tentang karakteristik kedua jenis tes ini sangat penting bagi pendidik untuk meningkatkan kualitas evaluasi dan pengajaran. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi evaluasi yang lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...