Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 2 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

KAJIAN PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET PADA PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT

Anggraeni , Firdha Kusuma Ayu (Unknown)
Herlia, Naziroh Faaiqohtul (Unknown)
Subagya , Mochammad Ricky (Unknown)
Rohmah , Ima Ainur (Unknown)
Lestari , Diyah Ayu (Unknown)
Mahmudi, Kendid (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Tomat (Solanum lycopersicum L) adalah jenis sayuran yang sudah biasa di masyarakat karena sering digunakan dalam hampir semua jenis masakan, atau bahkan dimakan sebagai buah. Kondisi iklim dan penyebaran hama dan penyakit seringkali menghalangi upaya untuk meningkatkan produksi tomat. Perlu adanya upaya untuk mengatasi permasalahan saat membudidayakan tanaman tomat. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan medan magnet pada pertumbuhan tanaman tomat. Penelitian yang dilakukan merupakan kajian literatur dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari 20 artikel. Teknik analisis data dilakukan dengan mengkaji dan juga menganalisis hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dikaji, paparan medan magnet menunjukkan efek positif pada pertumbuhan tanaman tomat. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yang telah diteliti antara lain, meningkatkan metabolisme tanaman, meningkatkan kekuatan tanaman, meningkatkan vitalitas tanaman, mengetahui pengaruh terhadap massa jenis, dan pH tanaman tomat. Efek medan magnet yang diberikan pada tanaman dapat bervariasi tergantung pada spesies tanaman, kondisi pertumbuhan, dan faktor lainnya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengoptimalkan efek medan magnet pada berbagai varietas tomat dan kondisi lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...