Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 13 Makassar. Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest dua kelompok, di mana satu kelompok bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Makassar dengan teknik Purposive Sampling dengan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajarĀ fisika siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 15,69, sedangkan di kelas kontrol adalah 14,43. Setelah pembelajaran, rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 20,80, sementara rata-rata nilai posttest di kelas kontrol lebih rendah, yaitu 18,09. Berdasarkan analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh peningkatan 0,5396 pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,3462 dikategorikan rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 13 Makassar.
Copyrights © 2024