Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 2 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DAN FISIKA: PENGALAMAN ASISTENSI PRAKTIKUM TERMODINAMIKA

Kamal, Muhammad Fauzi Syaiful (Unknown)
Nashih, Syahid Ahmad (Unknown)
Johan, Asya Ananda Amelia Nadya (Unknown)
Maharani, Laras Anindita (Unknown)
Falah, Muhammad Miftakhul (Unknown)
Jati, Nanda Pramesthi Arum (Unknown)
Setiaji, Bayu (Unknown)
Sari, Mona (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja mahasiswa program studi sarjana Pendidikan Fisika dan Fisika, serta mengkaji sikap mereka terhadap praktikum termodinamika. Penelitian ini dilaksanakan di departemen Fisika Universitas Negeri Yogyakarta pada semester genap 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 87 mahasiswa Pendidikan Fisika dan Fisika angkatan 2023. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis penilaian laporan praktikum mahasiswa. Sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi peran mahasiswa pada saat kegiatan praktikum berlangsung, di mana setiap asisten mengamati sikap positif dan negatif mahasiswa. Kinerja mahasiswa diukur berdasarkan pretest sebelum praktikum, keterampilan penggunaan alat, dan penyusunan laporan praktikum.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa berada pada kategori memuaskan. Sementara respon dan sikap yang ditunjukkan mahasiswa sangat bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Secara umum, mahasiswa Pendidikan Fisika berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan mahasiswa Fisika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...