Sentra Cendekia
Vol 5 No 3 (2024): Oktober

Pembelajaran Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome SD Inklusif Galuh Hadayani Surabaya

maharani, krisnina (Unknown)
sunanto, Sunanto (Unknown)
Ibrahim, Muslimin (Unknown)
Lutfauziah, Asmaul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Latar belakang Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan fokus pada pembelajaran gerak lokomotor. Melalui pendidikan jasmani, siswa dengan Down syndrome dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik yang sesuai dan terstruktur, yang membantu meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan kemampuan motorik kasar mereka.Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan motorik kasar anak Down syndrome melalui pembelajaran gerak lokomotor.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada 3 siswa dengan Down syndrome di kelas 2 SD Galuh Handayani Surabaya.Hasil penelitian bahwa ketiga siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik. Simpulan menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...