Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 01 (2024): APRIL

Dampak Penggunaan Tik Tok Terhadap Perkembangan Sosial dan Kepribadian Anak

Nashiruddin, Ahmad (Unknown)
Ghoffarul Linnas, Mohammad (Unknown)
Ni’mah, Siti Fatimatun (Unknown)
Munawaroh, Lathifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan tik tok terhadap perkembangan sosial dan kepribadian anak. Munculnya Tik tok saat ini telah menjadi sebuah media aplikasi yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan termasuk anak-anak usia MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai orang tua dari dua anak kelas III dan kelas V MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penggunaan Tik Tok terhadap kepribadian anak yakni anak-anak cenderung menirukan sesuatu yang ia lihat dari tik tok tersebut. Sedangkan dampak terhadap perkembangan sosial mereka ini tidak membawa banyak perubahan, karena meskipun mereka suka bermain smartphone dan bermain tik tok mereka juga masih tau batasan. Keduanya masih suka bermain di luar bersama teman temannya ketimbang hanya bermain tik tok di dalam rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...