Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 01 (2024): APRIL

Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa

Yuliastutik, Yuliastutik (Unknown)
Mahbubah, Siti Ma'rifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran saintifik dalam meningkatkan kreativitas siswa. Penelitihan ini dilakukan melalui studi Pustaka atau studi Literatur dengan melihat hasil penelitihan pada jurnal terkait yang tersedia di media elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran saintifik melalui tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, munculnya ide-ide kreatif, dan hasil karya kreatif siswa yang beragam. Faktor pendukung keberhasilan penerapan pembelajaran saintifik adalah peran guru yang aktif sebagai fasilitator, ketersediaan sumber belajar yang memadai, dan lingkungan belajar yang kondusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...