Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan terobosan dalam kurikulum pendidikan Indonesia yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas P5 dalam merangsang kreativitas siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa P5 yang mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berhasil mengasah kreativitas siswa, memperkuat kemampuan kolaborasi, dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Selain itu, melalui proyek yang kontekstual, siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kemandirian, dan kebhinnekaan global. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi implementasi P5 melalui pendampingan berkelanjutan bagi guru serta pemanfaatan potensi lokal untuk meningkatkan mutu proyek. Secara keseluruhan, P5 tidak hanya mendukung penguatan karakter siswa, tetapi juga mendorong kreativitas dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2024