Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin melalui metode pembiasaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 2 kali pertemuan, untuk tahap pertemuannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 9 orang anak kelompok A dan 1 orang guru. Adapun hasil penelitian setelah melakukan penerapan metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru pada siklus 1 mendapatkan persentase 55,66% termasuk kategori baik yang kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase sejumlah 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan meningkatnya penerapan metode pembiasaan membuat Karakter disiplin kelompok A pada siklus 1 mendapatkan persentase 60,56% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 88,35% dengan kategori sangat baik sehingga sudah mencapai persentase keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan karakter disiplin anak kelompok A TK Islam Tanak Kaken.
Copyrights © 2024