Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 10 orang peserta didik kelas B1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Metode analsis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan 5 sintak model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yaitu orientasi masalah, menyiapkan peserta didik untuk belajar, memberikan investigasi mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil untuk penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka yang dilakukan oleh guru pada tahap pengembangan I yaitu 54% dan meningkat pada tahap pengembangan II yaitu 77%, hasil ini meningkat dikarenakan memperhatikan refleksi pada tahap pengembangan I. Hasil untuk perkembangan anak pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah(PBL) pada tahap pengembangan I yaitu 43,2% dan pada tahap pengembangan II yaitu 68,7%. Dengan hasil dari tahap pengembangan I dan tahap pengembangan II maka model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram dinyakan sesuai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024