Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 1 (2024): Oktober

PENGUASAAN KOSA KATA PEMBELAJARAN BIPA MELALUI MEDIA SOSIAL BERTEMA KULINER LOKAL INDONESIA

Bhayu Anggita Subarkah (Unknown)
Laily Nurlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media sosial sebagai materi ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dalam penguasaan kosa kata dengan fokus pada tema kuliner lokal Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan media sosial dan potensinya dalam pembelajaran bahasa, serta kekayaan kuliner Indonesia yang dapat menjadi daya tarik bagi pembelajar BIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel yang relevan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan fokus pada identifikasi tema utama, pola, dan hubungan antara berbagai variabel dalam literatur yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok memiliki potensi yang besar dalam pembelajaran BIPA. Konten yang beragam dan menarik, seperti resep masakan, vlog kuliner, dan ulasan restoran, dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan memperkaya kosakata serta pemahaman mereka tentang budaya Indonesia. Namun, pemanfaatan media sosial juga memiliki tantangan, seperti kualitas konten yang tidak selalu terjamin dan ketergantungan pada teknologi. Kesimpulannya, media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam penguasaan kosa kata pembelajaran BIPA, khususnya dengan tema kuliner lokal Indonesia. Namun, pemanfaatannya perlu dilakukan secara selektif dan dipadukan dengan metode pembelajaran lainnya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...