Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

Pemanfaatan IPTEK dalam Pendidikan

Bakhrudin All Habsy (Unknown)
Alifah Sufwandiandra Putri (Unknown)
Kirana Ula Muzhaffarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan IPTEK dalam pendidikan. Ilmu pengetahuan adalah sumber teknologi dan dapat memberi kemungkinan munculnya teknologi baru, sedangkan teknologi adalah bentuk penerapan dari ilmu pengetahuan sehingga dapat menghasilkan peralatan yang canggih. Kolaborasi diantara keduanya berfungsi untuk memberi kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan manusia. Di dunia yang serba modern saat ini, IPTEK memainkan peran yang sangat penting karena manfaatnya dalam memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kualitas hidup manusia. Salah satu bentuk pemanfaatan IPTEK adalah adanya teknologi Informasi yang muncul untuk menyebarkan pengetahuan dan menjadi pendorong utama di balik reformasi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui Konsep pemanfaatan IPTEK dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur. Metode studi literatur atau dikenal juga dengan istilah studi kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dan informasi dengan menelaah sumber-sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku referensi, ensiklopedia, serta sumber-sumber lain yang terpercaya baik dalam bentuk tulisan atau dalam format digital yang relevan dan berhubungan dengan objek yang sedang diteliti. Didapati hasil penelitian konsep pemanfaatan IPTEK adalah penjelasan mengenai (1) Teknologi komunikasi dan informasi, (2) Multimedia dan Pembelajaran Interaktif, (3) E-Learning, (4) Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), (5) Inovasi dalam pengajaran dan Kurikulum

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...