Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

Inovasi Pembelajaran Modern, Pengembangan Bahan Ajar Handout Interaktif Melalui Flipbook

Ananda Trias Nur Rohmah (Unknown)
Rindy Septianingsih (Unknown)
Faza Alifah (Unknown)
Amirul Ari (Unknown)
Luqman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk flipbook interaktif pada mata pelajaran Perpajakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan desain, serta diujicobakan pada 10 siswa kelas XI SMK. Hasil penelitian menunjukkan flipbook memiliki tingkat validasi rata-rata 81,38% (kategori "sangat layak") berdasarkan ahli, dan respon siswa menunjukkan tingkat kepraktisan 82,1%. Flipbook ini menawarkan pembelajaran yang menarik, fleksibel, dan kontekstual, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap materi perpajakan.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...