Jurnal Dimensi
Vol 13, No 2 (2024): JURNAL DIMENSI (JULI 2024)

MOTIVASI MANAJEMEN EKSTERNAL STAKEHOLDERS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK DIDIK DAN KINERJA GURU

Pusvariauwaty, Pusvariauwaty (Unknown)
Ratnasari, Sri Langgeng (Unknown)
Siahaan, Adela (Unknown)
Rahman, Abraham Jeruansal (Unknown)
Hairunnisah, Ade Isyana (Unknown)
Rasal, Amrullah (Unknown)
Masakim, Andi (Unknown)
Alhadi, Aria (Unknown)
Hasibuan, Bosar (Unknown)
Badarudin, Badarudin (Unknown)
Hakim, Buyung Nul Hakim (Unknown)
Setiyohadi, Imam (Unknown)
Kusmawan, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Pengaruh kemampuan manajemen external dan motivasi berpengaruh terhadap kedisiplinan guru dan kedisiplinan siswa, Keberhasilan dan tanggung jawab pendidikan bukan hanya tugas pemerintah pusat saja tetapi menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan stakeholder pendidikan, pemerintah bertanggung jawab mengeluarkan regulasi atau aturan yang dibutuhkan untuk menjadi pedoman pelaksanaan pendidikan, selanjutnya juga pendidikan juga menjadi tanggung jawab beberapa pihak diantaranya, pihak sekolah, orang tua, masyarakat dan intansi- intansi terkait yang berkepintingan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Organisasi yang baik adalah organisasi yang berusaha meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya. Pada sisi lain faktor motivasi dapat meningkatkatkan kedisiplinan guru dan kedisiplinan siswa SMPN 21 Batam. 2. Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan guru SMPN 21 Batam, sehingga hipotesis pertama diterima. 3. Disiplin guru berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin siswa SMPN 21 Batam, sehingga hipotesis kedua diterima. 4. Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan kedisiplinan guru SMPN 21 Batam, sehingga hipotesis ketiga diterima.

Copyrights © 2024