Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No 2 (2024)

KEBERAGAMAN ASPEK PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Hasanah, Rizatul (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Ulfatmi, Ulfatmi (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Afnibar, Afnibar (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Setiap peserta didik memiliki karakteristik psikologis yang unik, mencakup perbedaan dalam aspek kognitif, emosional, sosial, dan motivasional. Keberagaman ini berpengaruh signifikan terhadap cara peserta didik menerima, memproses, dan memahami informasi dalam proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis keberagaman aspek psikologis peserta didik serta implikasinya terhadap strategi pembelajaran di kelas. Melalui pendekatan library research ditemukan bahwa guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan berbasis diferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan individu. Selain itu, pemahaman terhadap aspek psikologis seperti gaya belajar, tingkat kecemasan, dan kemampuan regulasi diri dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung keberhasilan peserta didik. Artikel ini menegaskan pentingnya pelatihan guru dalam mengelola keberagaman psikologis serta perlunya pendekatan holistik yang melibatkan kolaborasi antara guru, peserta didik, dan orang tua untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...