G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Hubungan Self-Esteem Dan Minat Belajar dengan Kematangan Karir Siswa DI SMK

Zulfahriansyah Harahap (Unknown)
Salamiah Sari Dewi (Unknown)
Amanah Surbakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Lembaga pendidikan formal yang berperan dalam membentuk karir dan mengembangkan kemampuan siswa sebagai persiapan untuk masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan self-estem, minat belajar dengan kematangan karir siswa. Metode  menggunakan kuantitatif populasi 493 dan sampel 100 siswa. Alat ukur yang dipakai yaitu skala. Analisis data dengan Regresi Berganda. Berdasarkan hasil yaitu (1) Signifikan 0,712 dengan p= 0,000 < 0,050 (self-esteem dengan kematangan karir ). (2) hubungan  positif  nilai koefisien (rxy)= 0,937 dengan p= 0,000 < 0,050 (antara minat belajar dengan kematangan karir). (3) Berdasarkan hasil analisis, diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dan minat belajar dengan kematangan karir. Sehingga adanya hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dengan kematangan karir, Adanya hubungan  positif yang signifikan antara minat belajar dengan kematangan karir. Apabila self esteem dan minat belajar tidak baik maka akan berdampak pada karir di masa depan. Kata kunci: kematangan karir, self–esteem, minat belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...