Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dan Kinestetik Melalui Model Pembelajaran CIRC dan RADEC

Waruwu, Adikia (Unknown)
Budiastra, A. A. Ketut (Unknown)
Zakirman, Zakirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara model CIRC dan RADEC terhadap keterampilan menulis siswa, mengetahui perbedaan gaya belajar siswa terhadap keterampilan menulis siswa, mengetahui interaksi antara model CIRC dan RADEC dan gaya belajar siswa terhadap keterampilan menulis siswa. Sampel penelitian berjumlah 103 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik analisis Anova Dua Arah, data diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model CIRC dan RADEC, dimana model RADEC lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dan visual dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Simpulan dari penelitian adalah Model RADEC terbukti lebih efektif dibandingkan dengan CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama dalam menulis pantun, meskipun perbedaan gaya belajar kinestetik dan visual kurang berbeda secara signifikan, namun penting bagi guru untuk memahami dan mengakomodasi gaya belajar siswa guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, karena kombinasi antara model pembelajran RADEC dengan gaya belajar kinestetik dapat memberikan hasil yang lebih optimal terhadap keterampilan menulis siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar Kinestetik dan Visual, Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran CIRC dan RADEC

Copyrights © 2024