Pendidikan yang merata merupakan salah satu tujuan Pembangunan nasional yang penting untuk mengurangi kesenjangan social dan ekonomi antar wilayah di Indonesia. Namun, provinsi- provinsi yang memiliki karakteristik geografis dan social budaya yang unik, seperti Aceh, Kalimantan Tengah, Maluku dan Papua, untuk menghadapi tantangan tersendiri dalam mencapai pemerataan Pendidikan. Salah satu tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara jumlah pengajar dan penyebarluasan Pendidikan di keempat provinsi tersebut pada tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis korelasi pearson, data dikumpulkan dari berbagai sumber resmi seperti Bapan Pusat Statistik (BPS) dan Kementrian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta melalui survei lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara jumlah pengajar dan Tingkat penyebarluasan Pendidikan, meskipun kekuatan korelasi bervariasi di tiap provinsi. Di Aceh dan Kalimantan Tengah, memiliki korelasi yang lebih kuat dibandingkan di Maluku dan Papua yang dipengaruhi oleh tantangan tambahan seperti infrastruktur terbatas dan distribusi geografis yang terpencar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah dan instansi kepentingan Pendidikan di masing-masing provinsi untuk meningkatkan akses dan kualitas Pendidikan melalui peningkatan jumlah pengajar yang berkualitas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya distribuksi pengajar yang merata dan peningkatan infrastruktur Pendidikan di wilayah-wilayah terpencil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024