Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa, dewan guru, dan kepala sekolah di SMK Taman Siswa Palembang tentang pentingnya teknologi Industri 4.0. Dalam kegiatan ini, seminar dan penyuluhan yang dipandu oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Tridinanti memperkenalkan teknologi-teknologi kunci seperti pencetakan 3D dan perangkat lunak IoT. Fenomena yang diamati menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para peserta, namun juga mengungkapkan tantangan signifikan seperti keterbatasan fasilitas dan kebutuhan akan pelatihan lebih lanjut bagi tenaga pengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan seminar dan penyuluhan berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta terhadap teknologi Industri 4.0, namun untuk implementasi yang lebih efektif diperlukan dukungan tambahan dalam hal sumber daya dan pengembangan kurikulum yang berbasis proyek. Kesimpulannya, meskipun tantangan ada, SMK Taman Siswa Palembang memiliki potensi besar untuk mengintegrasikan teknologi ini dalam pendidikan kejuruan, asalkan didukung oleh komitmen berkelanjutan dari semua pihak terkait
Copyrights © 2024