Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia
Vol 12, No 4 (2024): November 2024

Upaya Peningkatan Pengetahuan Bullying melalui Pendekatan Video Edukasi pada Siswa SMA

Ilhami, Muhammad (Unknown)
Nito, Paul Joae Brett (Unknown)
Latifah, Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pada tanggal 31 juli 2023 terjadi kekerasaan fisik yang terjadi disalah satu SMAN Banjarmasin timur yang mana ada salah satu siswa menusuk siswa sekelasnya karna disebabkan pelaku penusukan sering dibully. Tujuan untuk mengetahui efektifitas video edukasi tentang bullying dalam meningkatkan pengetahuan siswa/siswi. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian pra eksperimen (pre experimental design) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan “one group pretest-posttest design”. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden, teknik pengambilan sampel  Total sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoson. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan bullying yang telah dilakukan uji validitas dengan nilai r>0,34. Kuesioner dibagian sebagai evaluasi pretest dan posttes sebelum diberikan intervensi video edukasi dan Video Edukasi Bullying. Sebelum diberikan video edukasi Tingkat pengetahuan baik siswa/siswi  dengan jumlah sebanyak 13 (24.5%), Sesudah diberikan video edukasi dengan tinggat pengatahuan baik 31 (58.5%) orang. Terdapat perbedaan pengetahuan pada siswa-siswi mengenai bullying, dengan nilai signifikansi ρ = 0,00 atau lebih kecil nilai α = 0,05. Terdapat perubahan tingkat pengetahuan pada siswa/siswi setelah diberikan video edukasi tentang bullying yang mana dapat disimpulkan bahwa video edukasi efektif dalam meningkatkan penegtahuan siswa/siswi tentang bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKJ

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Keperawatan Jiwa publishes articles in the scope of mental nursing broadly but is limited, especially in the field of mental nursing in healthy groups, risks, and disorders. Articles must be the result of research, case studies, results of literature studies, scientific concepts, knowledge ...