Pada tanggal 31 juli 2023 terjadi kekerasaan fisik yang terjadi disalah satu SMAN Banjarmasin timur yang mana ada salah satu siswa menusuk siswa sekelasnya karna disebabkan pelaku penusukan sering dibully. Tujuan untuk mengetahui efektifitas video edukasi tentang bullying dalam meningkatkan pengetahuan siswa/siswi. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian pra eksperimen (pre experimental design) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan “one group pretest-posttest design”. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden, teknik pengambilan sampel Total sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoson. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan bullying yang telah dilakukan uji validitas dengan nilai r>0,34. Kuesioner dibagian sebagai evaluasi pretest dan posttes sebelum diberikan intervensi video edukasi dan Video Edukasi Bullying. Sebelum diberikan video edukasi Tingkat pengetahuan baik siswa/siswi dengan jumlah sebanyak 13 (24.5%), Sesudah diberikan video edukasi dengan tinggat pengatahuan baik 31 (58.5%) orang. Terdapat perbedaan pengetahuan pada siswa-siswi mengenai bullying, dengan nilai signifikansi ρ = 0,00 atau lebih kecil nilai α = 0,05. Terdapat perubahan tingkat pengetahuan pada siswa/siswi setelah diberikan video edukasi tentang bullying yang mana dapat disimpulkan bahwa video edukasi efektif dalam meningkatkan penegtahuan siswa/siswi tentang bullying.
Copyrights © 2024