Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol. 12 No. 3 (2024)

Sejarah Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai ke Tanah Aron Karangasem, Bali dan Potensinya Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMA

Widiani, Ni Kadek Yiena (Unknown)
Purnawati, Desak Made Oka (Unknown)
Arta, Ketut Sedana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang, proses pelaksanaan, dan potensi Napak Tilas Perjuangan  I Gusti Ngurah Rai di Karangasem sebagai penguat profil pelajar Pancasila di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian yang ditemukan meliputi 1) Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengenang peristiwa long march ke Gunung Agung khususnya kedatangan pasukan I Gusti Ngurah Rai di Pemuteran sampai pertempuran besar Tanah Aron dan pengenalan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda, 2) Dalam proses pelaksanaan terdapat tahap persiapan yang meliputi rapat awal dan technical meeting dan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan yang dimulai dari Pemuteran, Etape I, Monumen Tanah Aron, Etape II, Yayasan Yasa Kerti Amlapura dan upacara bendera di Lapangan Tanah Aron Amlapura. 3) Napak tilas ini mengandung nilai-nilai yang bersesuaian dengan profil pelajar Pancasila, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar yang penuh dengan edukasi dan inspirasi bagi siswa SMA dalam upaya penguatan profil pelajar Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPS

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Widya Winayata: Jurnal Jurusan Pendidikan Sejarah is a scientific journal published by the Department of History Education, Faculty of Law and Social Sciences, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and results of community service in education ...