Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui perancangan trainer voice over internet protocol (VoIP) sebagai media pembelajaran di SMKN 10 Makassar dan untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap penggunaan trainer VoIP dalam kegiatan praktik mata pelajaran teknologi layanan jaringan khususnya materi VoIP yang mana sebelumnya kegiatan belajar mengajar dan praktik materi VoIP tidak menggunakan trainer karena ketiadaan trainer VoIP di sekolah dan mengganggu model jaringan yang telah terpasang pada labolatorium komputer. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE melalui lima tahapan yaitu analisis (analize), desain (design), pengembangan (develop), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert untuk mendapatkan validasi ahli media dan respon guru serta peserta didik. Hasil validasi ahli media menyatakan trainer yang dibuat memenuhi syarat valid, untuk respon guru dan siswa mencapai kriteria sangat menarik. Sehingga trainer yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi VoIP mata Pelajaran teknologi layanan jaringan kelas XI TKJ di SMKN 10 Makassar.
Copyrights © 2024