– Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik didik kelas V mata pelajaran IPA di UPT SD Negeri 30 Binamu Kabupaten Jeneponto setelah penerapan canva. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 responden. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS, uji reliabilitas, teknik analisis data deskriptif, dan perbandingan nilai rata-rata peserta didik setelah dan sesudah penerapan canva. Dalam implementasi canva digunakan sebagai media pembelajaran tambahan, yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran yang terdiri dari 3 kali pertemuan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan canva dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPA berada pada kategori sangat baik. Setelah penerapan canva diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik kelas V mata pelajaran IPA UPT Negeri 30 Binamu Kabupaten Jeneponto dengan persentase 88,6%. Dalam proses implementasi, hasil observasi peneliti pada siklus I menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 dan 2 terdapat peningkatan sebesar 11% dan pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan sebesar 22% dari pertemuan sebelumnya, dan hasil observasi peneliti pada siklus II menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 dan 2 terdapat peningkatan sebesar 11% dan pada pertemuan terakhir diperoleh persentase yang konsisten dan sama dengan pertemuan 2 yaitu sebesar 100%.
Copyrights © 2024