Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa kelas V Sekolah Dasar pada media pembelajaran diorama siklus air Topik B mengapa bentuk permukaan bumi berubah-ubah. Terkait penelitian ini terdapat permasalahan dimana kurangnya pemahaman siswa terhadap prosesnya siklus air. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiril dari lima tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembanganl (Development) (4) Implementasi (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluation). Pengembangan media pembelajaran diorama siklus air divalidasikan kepada ahli media dan ahli materi. Pengembangan media pembelajaran diorama siklus air divalidasikan kepada ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media memperoleh hasil 90% dan validasi ahli materi memperoleh hasil 86%. tingkat kelayakan “sangat layak” untuk dijadikan media pembelajaran. Pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran praktis dengan angket respon siswa pada uji kelompok kecil memperoleh nilai 94,5%. dengan tingkat kepraktisan “sangat praktis” serta uji cobal keefektifan dilakukan dengan cara memberikan soal pre-test dan post-test kepada kelompok kecil menggunakan N-gain dengan mendapatkan nilai 0.87083333. Sangat efektif dalam pemahaman siswa karena mendapatkan nilai skor N-gain gain ≥ 0,70 dengan kriteria Tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024