Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024): Desember 2024

SOSIALISASI KEGIATAN KOLAM BUSA (SEKOLAH ALAM BELAJAR SERU LUAR BIASA) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI, NUMERASI, DAN DAYA KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Eva Mizkat (Universitas Asahan)
Tuti Ariani Nasution (Universitas Asahan)
Bella Norma Lona (Universitas Asahan)
Madinah Al Munawwarah Damanik (Universitas Asahan)
Dita Azliana (Universitas Asahan)
Gita Sabina Putri Panjaitan (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2025

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the effect of the socialization of the foam pool method on increasing the creativity of elementary school students. The research method used is qualitative with a participatory approach that involves students in direct practice activities. Socialization is carried out through the introduction of the foam pool method as a medium for exploration and creation that allows students to develop their imagination and problem solving. The results of the study show that this method significantly increases students' creativity, especially in terms of critical and innovative thinking. Students are not only actively involved in activities, but also show increased ability to complete creative tasks independently. This foam pool method also has a positive impact on students' social skills, such as cooperation and communication. Thus, the foam pool method can be used as an alternative in more creative and interactive learning, especially to support the development of creativity in elementary school environments. Keyword: foam pool, student creativity, interactive learning, elementary school.  Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi metode kolam busa terhadap peningkatan kreativitas siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa dalam kegiatan praktik langsung. Sosialisasi dilaksanakan melalui pengenalan metode kolam busa sebagai media eksplorasi dan kreasi yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan daya imajinasi dan pemecahan masalah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode ini secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam aspek berpikir kritis dan inovatif. Siswa tidak hanya terlibat aktif dalam kegiatan, tetapi juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan tugas kreatif secara mandiri. Metode kolam busa ini juga memberikan dampak positif terhadap keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama dan komunikasi. Dengan demikian, metode kolam busa dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif, terutama untuk mendukung pengembangan kreativitas di lingkungan sekolah dasar. Kata kunci: kolam busa, kreativitas siswa, pembelajaran interaktif, sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSTM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat adalah merupakan jurnal ilmiah dengan E-ISSN 2776-7647 yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang terbit pada bulan April dan Desember setiap ...