Kusa Lawa
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Kusa Lawa

PENDIDIKAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) UNTUK MAHASISWA

Mukhlishin, Muh. Irfan (Unknown)
Nakti , Esa Kharisma Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan Berbasis Proyek (Project-Based Learning atau PBL) merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang menempatkan mahasiswa sebagai pusat proses pembelajaran. Dalam PBL, mahasiswa dilibatkan secara aktif untuk menyelesaikan proyek nyata yang relevan dengan bidang studinya. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, relevansi, dan bentuk implementasi PBL di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Wisnuwardhana Malang. PBL memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dan literasi digital mahasiswa, serta menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja. Implementasi PBL di PBSI diwujudkan dalam berbagai proyek, seperti penulisan karya sastra, dokumentasi budaya lokal, pementasan drama, dan pengembangan media pembelajaran. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Kesimpulannya, PBL merupakan strategi pembelajaran yang efektif dan relevan dalam membekali mahasiswa PBSI dengan kompetensi yang holistik dan kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kusalawa

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini mewadahi gagasan ilmiah dan publikasi hasil penelitian dari para ilmuwan, akademisi, maupun peneliti. Untuk itu jurnal ini terbuka dan menerima artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, gagasan ilmiah, dan penciptaan ...