Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024

Hubungan Kesadaran Metakognisi dan Literasi Digital dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Kelas VIII

Annisa, Kansa Nur (Unknown)
Probosari, Riezky Maya (Unknown)
Yamtinah, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesadaran metakognisi dan literasi digital dengan hasil belajar IPA. Penelitian merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 232 siswa kelas VIII. Data diambil menggunakan instrumen angket kesadaran metakognisi dan literasi digital serta dokumentasi hasil belajar IPA. Data angket hasil penelitian diubah dengan Meassurement Sucssesive Interval. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar IPA, literasi digital dengan hasil belajar IPA, serta kesadaran metakognisi dan literasi digital dengan hasil belajar IPA. Nilai koefisien korelasi secara berurutan sebesar 0,260; 0,278; 0,322. Koefisien determinasi sebesar 10,4%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...