Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Somambawa

Zebua, Fitri Arni (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)
Gulo, Hardikupatu (Unknown)
Zega, Novelina Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Somambawa, ditemukan masalah yaitu  kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang inovatif atau masih menggunakan model konvesional (berpusat pada guru) dan siswa kesulitan dalam memahami materi sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat sebagian besar siswa tidak mengerjakana soal-soal yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Larning terhadap minat belajar siswa dan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Larning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Somambawa Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Somambawa Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah kelas X-3 dan kelas X-2 SMA Negeri 1 Somambawa yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design), dan instrument penelitian berbentuk angket minat belajar siswa dan tes uraian hasil belajar.  Hasil penelitian yang diperoleh Berdasarkan hipotesis minat belajar siswa diperoleh Zhitung = 6,32 dan Ztabel = 1, 64. Karena Zhitung ≥ Ztabel maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa : “Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa pada pelajaran biologi dan Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung = 6,317 dan ttabel = 1, 674. Karena nilai thitung tidak terletak pada interval -6,317 ≤ thitung ≤ 6,317, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil pengujian hipotesis dapat disimpilkan “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Somambawa Tahun Pelajaran 2023/2024”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...