Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar himpunan dengan model pembelajaran problem posing tipe pre solution unuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dan mengetahui kualitas buku ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan tes. Penelitian yang dilaksanakan memberikan hasil kevalidan produk dengan rata-rata persentase 85,8% dengan kategori “Sangat Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 81 dengan kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian disimpulkan bahwa, buku ajar dengan model pembelajaran problem posing tipe pre solution untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikembangkan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE, kemampuan bermatematika siswa SMP layak dan baik diterapkan membelajarkan.
Copyrights © 2024