Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurrnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Yanti, Ima Juli (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)
Qausar, Haves (Unknown)
Hidayatsyah, Hidayatsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Fakta di lapangan mengungkapkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih relatif rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAS Syamsuddhuha yang terdiri dari 7 rombongan belajar, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan cara pertimbangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah melalui tes yang mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Hasil penelitian uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikan sebesar 0,017 ditolak dan  diterima dikarenakan nilai signifikannya kurang 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media komik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.      

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...