Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe disebabkan oleh kurangnya minat belajar terhadap pelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Top of FormBottom of FormPenelitian ini menggunakan jenis quasi experimental, dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design yang menguji pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling, dipilih peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan software SPSS 26. Berdasarkan  analisis data diperoleh  sig  hasil  pengujian  data  kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024