Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 3 (2024): VOLUME 3 NOMOR 3, DESEMBER TAHUN 2024

Penerapan Pembelajaran Moral dalam Meningkatkan Relasi Hubungan Antar Manusia di Sekolah Guang Ming Surabaya

Tjumoko, Agung (Unknown)
Maulana, Yusron (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan penerapan pembelajaran moral dalam meningkatkan hubungan antar manusia di Sekolah Guang Ming Surabaya. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara dengan guru dan siswa di sekolah tersebut. Temuan utama menunjukkan bahwa pengajaran moral yang mencakup empat pilar utama: bersyukur, beretika, jujur dan dapat dipercaya, serta mengamalkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, secara signifikan meningkatkan relasi sosial dan karakter siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap sopan santun, rasa tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, dan kepercayaan diri dalam interaksi sosial. Pendidikan moral yang diterapkan secara konsisten membantu siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai moral, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah, sehingga membentuk individu yang lebih etis dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran sekolah dan guru dalam membentuk karakter siswa melalui pendidikan moral yang integratif, yang tidak hanya memperkuat aspek akademis tetapi juga menciptakan masyarakat yang lebih beretika dan empatik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...