GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 05 (2024): OKTOBER 2024

MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 7 MENGADAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA LITERASI NUMERASI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI UPT SPF SD INPRES MANGASA I

Muthmainnah, Muthmainnah (Unknown)
Sunra, La (Unknown)
Talib, Ahmad (Unknown)
Noni, Nurdin (Unknown)
Mustikawati, Yunitari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi yang diadakan di UPT SPF SD Inpres Mangasa I pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 melibatkan permainan Ular Tangga Literasi dan Numerasi sebagai salah satu kegiatan unggulan. Metode pelaksanaan dimulai dengan persiapan media permainan, koordinasi dengan guru, dan sosialisasi kepada siswa. Peserta dibagi dalam tim untuk bermain dan menjawab soal literasi serta numerasi, sambil berdiskusi dalam tim. Permainan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi untuk siswa kelas tinggi, sementara kelas rendah terlibat dalam pembelajaran outdoor dengan soal yang disesuaikan. Evaluasi dilakukan melalui diskusi, apresiasi, dan pelatihan guru untuk memodifikasi soal agar permainan ini dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam berbagai mata pelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan ini berhasil menarik minat siswa dengan antusiasme tinggi, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila, khususnya gotong royong dan bernalar kritis. Selain itu, media permainan ini memiliki fleksibilitas untuk digunakan dalam berbagai mata pelajaran dan dapat diadaptasi oleh guru untuk pembelajaran jangka panjang. Secara keseluruhan, permainan Ular Tangga Literasi dan Numerasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan akademik dan karakter siswa, serta memberikan inspirasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...