GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 2 No 06 (2024): DESEMBER 2024

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SD IMPRES PAUPANDA 1

Sariyyah, Nining (Unknown)
Sarce, Alviani Giberti (Unknown)
Daeng, Faradiba (Unknown)
Lendon, Aldofentino Manuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains, khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia, melalui penerapan metode pembelajaran berbasis praktikum. Sasaran kegiatan ini adalah siswa SD ImpresPupanda 1 yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut akibat metode pembelajaran konvensional yang cenderung teoritis. Metode praktikum dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar langsung yang lebih konkret dan menarik. Kegiatan ini melibatkan serangkaian tahapan, mulai dari persiapan alat peraga, pelaksanaan praktikum, hingga evaluasi hasil belajar siswa. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa setelah penerapan metode praktikum, ditandai dengan peningkatan skor tes sebelum dan sesudah kegiatan. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis praktikum dapat dijadikan alternatif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sains pada materi sistem peredaran darah manusia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...