ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 4 (2024): Oktober 2024

STRATEGI PROMOSI KAMPUS DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON MAHASISWA BARU

Abdullah (Unknown)
Siamsa, Simon (Unknown)
Richard, Yumiad Fernando (Unknown)
Parapaga, Florentina Blandina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi promosi yang diterapkan perguruan tinggi untuk meningkatkan minat calon mahasiswa baru dalam konteks persaingan yang semakin ketat di sektor pendidikan tinggi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi penerapan bauran promosi yang meliputi iklan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan personal selling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala dan staf bagian promosi, serta observasi terhadap media promosi yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa strategi promosi yang terintegrasi mampu membentuk persepsi positif di benak calon mahasiswa dan masyarakat, meningkatkan kesadaran (awareness), serta menempatkan perguruan tinggi sebagai pilihan utama. Strategi iklan melalui billboard, iklan berbayar, brosur, dan newsletter, yang didukung dengan hubungan baik dengan media massa dan pemberian beasiswa, efektif dalam menarik minat dan kepercayaan calon mahasiswa. Selain itu, personal selling memberikan nilai tambah dengan menawarkan konsultasi langsung, yang membantu calon mahasiswa dan orang tua dalam pengambilan keputusan yang tepat. Studi ini mengindikasikan bahwa penerapan bauran promosi yang komprehensif berperan penting dalam meningkatkan daya tarik perguruan tinggi di tengah persaingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economist

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis bertujuan untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi di bidang ekonomi dan studi bisnis. Jurnal ini berfungsi sebagai platform bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk bertukar ide dan temuan yang berkontribusi pada kemajuan pengetahuan dalam ...