PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 01 (2025): JANUARI 2025

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN BERMAIN EKSPERIMEN DI SD INPRES NIRANUSA

D. Ebo, Dianasia Sades (Unknown)
Rendo, Maria Susi (Unknown)
Ona, Maria Agustina (Unknown)
Sola, Yohanes Kevin (Unknown)
Sega, Salvator IL sandro (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan belajar keterampilan membaca di SD Inpres Niranusa, bertujuan untuk anak-anak aktif dalam mengenal huruf, mengeja dan membaca, serta dapat memuaskan rasa ingin tahu mereka melalui kegiatan observasi, analisis, dan bermain eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), yaitu model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Pengabdian ini di laksanakan pada hari tanggal kamis , 21 November 2024 di SD Inpres Niranusa, Kelurahan Mausambi, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende. Merupakan kegiatan meningkatkan belajar keterampilan membaca dan bermain eksperimen, dengan jumlah peserta sebanyak 9 orang kelas 1. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi siswa untuk mengembangan kompetensinya dalam belajar membaca dan tetap budayakan literasi dilembaga pendidikan. Kegiatan belajar keterampilan membaca berbasis media pembelajaran dan bermain eksperimen di SD Inpres Niranusa cukup berhasil, karena siswa sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan lebih mudah untuk memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...