Jurnal Al Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Al Karim Edisi September 2024

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam

Salman, Salman (Unknown)
Zulmi, Fadli (Unknown)
Budio, Sesra (Unknown)
Bais, Abdul (Unknown)
Aulia, Najmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Pada dasarnya, setiap siswa memiliki keunikan. Keunikan itulah yang membuatnya beragam sehingga antara siswa yang satu dan yang lainnya tidak sama. Sebagai seorang guru, sudah seharusnya memahami dan menghargai keberagaman siswanya. Guru juga harus dapat memberikan pembelajaran yang tepat agar kebutuhan belajar siswa dapat terpenuhi serta potensi yang dimiliki oleh siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdeferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Strategi pembelajaran berdeferensiasi, meliputi diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Lebih lanjut, kebutuhan belajar siswa, yang mencakup kesiapan belajar siswa, minat siswa, dan profil belajar siswa. Pemetaan kebutuhan belajar siswa sangat penting dilakukan dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi sehingga guru dapat menggunakan strategi diferensiasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan mengoptimalkan potensinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-KArim: adalah Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Psikologi dan Studi Keislaman dengan kajian multi-disipliner, terbit dua (2) kali dalam setahun (Maret dan September), yang dikelola oleh LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-YAPTIP) Pasaman ...