Jurnal Al Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Al Karim Edisi Maret 2025

Tinjauan Sistematis Implementasi Problem-Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka

Albaab, Ahmad Sahilul (Unknown)
Qurratina, Noor Shania (Unknown)
Asrohah, Hanun (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan metode Sistematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengevaluasi 18 artikel yang relevan untuk memberikan pemahaman tentang strategi implementasi, efektivitas, dan tantangan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, serta kemampuan pemecahan masalah. PBL juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep keagamaan, dan memperkuat pengembangan nilai-nilai karakter. Model ini membantu siswa menghubungkan teori dengan praktik melalui pemecahan masalah nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam penerapan PBL, seperti keterbatasan waktu dan kesiapan pedagogis guru, namun memberikan rekomendasi untuk mengatasinya. Temuan ini mendukung tujuan Kurikulum Merdeka untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa, sekaligus memberikan landasan literatur bagi penelitian lanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-KArim: adalah Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Psikologi dan Studi Keislaman dengan kajian multi-disipliner, terbit dua (2) kali dalam setahun (Maret dan September), yang dikelola oleh LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-YAPTIP) Pasaman ...