Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pendekatan pembelajaran Index Card Match digunakan di Sekolah Yabes dan bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi akademik siswa kelas VIII Kristen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 28 anak kelas VIII dan dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 25 soal pilihan ganda pada alat evaluasi. Setelah siklus awal, hanya 6 siswa (21,42%) yang lulus pre-test, sedangkan 13 siswa (46,42%) yang lulus post-test menunjukkan adanya peningkatan. Siklus kedua dimulai karena meskipun pada siklus pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan, namun hasil yang diperoleh masih jauh dari yang diharapkan sekolah. Pada siklus II, pre-test berjumlah 16 siswa (57,14%) dan post-test berjumlah 25 siswa (89,28%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match di Sekolah Yabes Medan memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa
Copyrights © 2024