Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Sitanggang, Nelly (Unknown)
Butarbutar, Imelda (Unknown)
Bangun, Bangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pendekatan pembelajaran Index Card Match digunakan di Sekolah Yabes dan bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi akademik siswa kelas VIII Kristen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 28 anak kelas VIII dan dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 25 soal pilihan ganda pada alat evaluasi. Setelah siklus awal, hanya 6 siswa (21,42%) yang lulus pre-test, sedangkan 13 siswa (46,42%) yang lulus post-test menunjukkan adanya peningkatan. Siklus kedua dimulai karena meskipun pada siklus pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan, namun hasil yang diperoleh masih jauh dari yang diharapkan sekolah. Pada siklus II, pre-test berjumlah 16 siswa (57,14%) dan post-test berjumlah 25 siswa (89,28%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match di Sekolah Yabes Medan memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...