Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

Filsafat Pendidikan Pragmatis sebagai Kompas Guru di Era Digital: Implikasi Bagi Praktik Pedagogis

Isrul, Muhammad (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Fajrah, Nur Faziatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pragmatisme merupakan salah satu aliran filsafat pendidikan dengan pendekatan yang berbasis pada pengalaman nyata dan relevansi dengan kehidupan sehari-hari siswa dalam proses pembelajaran.  Artikel ini ditulis untuk mengkaji lebih lanjut bagaimana filsafat pendidikan pragmatis dapat menjadi kompas bagi guru dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian pendekatan literatur review adalah suatu metode yang terfokus pada analisis mendalam terhadap berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis dalam kajian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh penjelasan terkait konsep dan prinsip filsafat pendidikan pragmatisme, identitas guru di era digital dalam perspektif pragmatisme, peran pragmatisme dalam pembentukan identitas guru di era digital, tantangan dan peluang bagi guru pragmatis di era digital. filsafat pendidikan pragmatisme menawarkan landasan bagi guru untuk membentuk identitas yang adaptif dan relevan. Identitas guru yang dipengaruhi oleh pragmatisme akan memastikan bahwa pendidikan tidak hanya bersifat teoretis tetapi juga aplikatif, membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan nyata. Guru akan terus dihadapkan dengan perubahan teknologi yang signifikan sebaiknya bisa memanfaatkan dalam proses pembelajaran berupa pembelajaran yang dikolaborasikan dengan teknologi yang berorientasi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...