Sebuah perusahaan memiliki elemen penting dalam keberlangsungannya yaitu perekrutan karyawan baru. Salah satu cara untuk memiliki karyawan yang sesuai dengan spesifikasi perusahaan adalah dengan membentuk suatu akademi. Hal ini dilakukan sebagai upaya transfer ilmu pengetahuan dan menghasilkan tenaga professional siap pakai sesuai dengan bidang industri perusahaan. Suatu akademi dapat menjadi legasi dan sebuah pengabdian kepada bangsa dan negara terlebih apabila dengan format beasiswa penuh kepada mahasiswanya. Tantangan sebuah akademi perusahaan adalah disaat induk perusahaan tidak mampu memberikan jaminan ikatan dinas untuk seluruh lulusannya. Penelitian ini berfokus pada faktor apa saja yang mendorong calon mahasiswa untuk tetap memilih program tersebut. Hal ini penting untuk induk perusahaan, karena akan memberikan pandangan apa saja yang menjadi daya tarik akademi perusahaan yang notabene sebagai cikal perekrutan karyawan baru walaupun tanpa ikatan dinas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan skema terdiri dari 95 kode dengan 8 kategori dan menimbulkan 3 tema besar yaitu faktor internal individu, induk perusahaan, dan faktor konsep akademi itu sendiri. Faktor yang paling mempengaruhi adalah konsep akademi dengan frekuensi kode yaitu 36 poin.
Copyrights © 2024