JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 4 (2024): Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pemanfaatan AI Dalam Branding dan Pemasaran UMKM

Sidi, Agus Purnomo (Unknown)
Anjaningrum, Widiya Dewi (Unknown)
Dura, Justita (Unknown)
Cahyaningtyas, Fadilla (Unknown)
Yogatama, Ahmad Nizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan AI dalam mendukung UMKM di Kelurahan Bunulrejo dengan menggunakan AI untuk membuat logo yang meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis. Pengabdian masyarakat ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan pemilik UMKM untuk memahami kebutuhan desain logo mereka. Aplikasi ChatGPT kemudian digunakan untuk membuat desain logo berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Logo dievaluasi dan direvisi secara berulang berdasarkan umpan balik dari UMKM. ChatGPT menghasilkan beberapa alternatif desain logo untuk setiap UMKM, yang kemudian dievaluasi dan disesuaikan menurut umpan balik pemilik. Proses ini mencakup beberapa revisi untuk mengatasi masalah seperti gambar yang tidak jelas, warna yang tidak sesuai, dan elemen yang tidak perlu, memastikan desain akhir menarik secara visual dan selaras dengan identitas bisnis. Penggunaan AI, khususnya ChatGPT, secara signifikan mendukung UMKM dalam pencitraan merek dan pemasaran, menawarkan manfaat langsung dan wawasan berharga untuk aplikasi AI di masa mendatang dalam mendukung usaha kecil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpabdi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang untuk membantu dosen, guru, perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat dalam meningkatkan keilmuan, inovasi, maupun kesejahteraan. Terbit tiap bulan Maret, Juni, September ...