Siswa kelas IV SDN Nglandung 02, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui apakah permainan ular tangga matematika bisa mengembangkan hasil belajar siswa. Enam siswa dari kelas IV menjadi subjek penelitian dalam penelitian dua siklus yang memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan MC Taggart. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media permainan ular tangga sangat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Persentase hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 60%, siklus I sebesar 73%, dan siklus II sebesar 91%, semuanya sangat tinggi. Selain itu, proporsi siswa yang menyelesaikan semua tugas mereka meningkat dari 33% sebelum siklus dimulai menjadi 66% pada siklus pertama dan 100% pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, nilai rata-rata kelas mencapai 91%. Diperoleh kesimpulan jika penyelidikan ini menunjukkan siswa kelas IV di SDN Nglandung 02, Kecamatam Geger, Kabupaten Madiun hasil belajarnya meningkat dengan bantuan permainan ular tangga pada pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024