Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 11 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NGLANDUNG 02

Riris Zatira Wira Hastuty (Unknown)
Sudarmiani (Unknown)
Nunung Kuntari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Siswa kelas IV SDN Nglandung 02, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui apakah permainan ular tangga matematika bisa mengembangkan hasil belajar siswa. Enam siswa dari kelas IV menjadi subjek penelitian dalam penelitian dua siklus yang memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan MC Taggart. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media permainan ular tangga sangat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Persentase hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 60%, siklus I sebesar 73%, dan siklus II sebesar 91%, semuanya sangat tinggi. Selain itu, proporsi siswa yang menyelesaikan semua tugas mereka meningkat dari 33% sebelum siklus dimulai menjadi 66% pada siklus pertama dan 100% pada siklus kedua. Pada akhir penelitian, nilai rata-rata kelas mencapai 91%. Diperoleh kesimpulan jika penyelidikan ini menunjukkan siswa kelas IV di SDN Nglandung 02, Kecamatam Geger, Kabupaten Madiun hasil belajarnya meningkat dengan bantuan permainan ular tangga pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...