Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat ketika menggunakan media monopoli dalam pelajaran pancasila di kelas IV SDN Nglandung 02. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melibatkan enam siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTS). Studi menunjukkan bahwa penggunaan permainan monopoli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Nglandung 02 dalam pelajaran Pancasila. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan Monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, hasil belajar siswa mencapai 33%. Setelah menggunakan permainan Monopoli pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67%. Selanjutnya, pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 100%. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi salah satu media utama dalam menumbuhkan semangat belajar siswa melalui kegiatan pembelajaran berbasis permainan yang dapat membantu siswa memahami mata pelajaran Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024