Penelitian ini menganalisis konsep Pendidikan konstruktivis dalam pembelajaran berbasis pyoyek. Penerapan pembelajaran berbasis proyek sering kali menghadapi tantangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, seperti keterbatasan sumber daya, waktu, serta pemahaman dan pengalaman guru, yang dapat menghambat pengembangan keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan, kolaborasi, dan organisasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji sejauh mana konsep pendidikan konstruktivis dapat diterapkan dalam proyek pembelajaran untuk mengoptimalkan kualitas proses belajar-mengajar serta hasil belajar peserta didik melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur untuk menggali berbagai teori, konsep, dan temuan penelitian yang relevan dengan topik yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip konstruktivis dalam pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir kritis, keterampilan kolaboratif, dan pengorganisasian, sekaligus membantu siswa memecahkan masalah secara mandiri serta mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks nyata, yang secara keseluruhan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam merancang sistem pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan. Implikasi praktis penelitian ini meliputi integrasi teori konstruktivis dalam pelatihan guru, yang membantu mereka memahami serta menerapkan pendekatan yang mendukung pembelajaran aktif dan partisipatif. Selain itu, perlu adanya penyediaan sumber daya yang memadai, seperti teknologi, materi pembelajaran, dan dukungan teknis, untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek. Pengembangan kerangka evaluasi yang tepat sangat penting untuk mengukur efektivitas pembelajaran berbasis proyek. Hal ini memastikan bahwa siswa tidak hanya aktif terlibat dalam pembelajaran, tetapi juga dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memperoleh hasil belajar yang relevan dan bermakna.
Copyrights © 2024