Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa baru Program Studi PGSD Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2024 dalam proses adaptasi sosial. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang mereka hadapi serta menyusun strategi efektif untuk membantu proses adaptasi tersebut. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan 29 responden yang dipilih melalui angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 69% mahasiswa mengalami kesulitan dalam adaptasi sosial, dengan faktor utama berupa keterbatasan komunikasi dan rasa tidak percaya diri yang cukup tinggi. Meskipun demikian, 82% responden berhasil membangun hubungan pertemanan yang dekat, dan 89,7% merasa bahwa keterampilan sosial mereka mengalami peningkatan sejak memasuki lingkungan kampus. Peran dosen, staf kampus, dan dukungan dari teman-teman SMA terbukti menjadi faktor pendukung yang signifikan dalam membantu adaptasi mahasiswa baru.Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan dari institusi pendidikan, termasuk penyelenggaraan program orientasi yang efektif, sebagai langkah strategis untuk membantu mahasiswa baru mengatasi hambatan dalam adaptasi sosial dan memperkuat keterampilan interpersonal mereka.
Copyrights © 2024