Dalam suatu proses pembelajaran, peserta didik merupakan salah satu komponen utama. Sehingga keberadaan mereka sangat penting untuk keberhasilan operasional sekolah. Dalam konteks persaingan dunia pendidikan yang semakin ketat, setiap lembaga pendidikan, termasuk SDN Tanjung Jati 2, menghadapi tantangan dalam meningkatkan jumlah pendaftar baru. Lokasi sekolah yang berada di wilayah perumahan TNI menjadi salah satu kendala utama, karena akses sulit dijangkau oleh masyarakat di luar kompleks tersebut. Selain itu, sekolah ini belum menerapkan strategi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang efektif dan beragam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan mengusulkan strategi penerimaan peserta didik baru yang dapat diterapkan oleh SDN Tanjung Jati 2, guna mengatasi masalah dalam meningkatkan daya tarik sekolah bagi masyarakat umum. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan subjek dari penelitian ini adalah 2 orang, diantaranya kepala sekolah dan guru wali UPTD SDN Tanjung Jati 2. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan menggunakan lembar instrumen wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi, kualitas pendidikan, fasilitas, dan lokasi menjadi penentu utama daya tarik sebuah sekolah. Strategi promosi yang tepat diperlukan untuk meningkatkan daya saing sekolah, menarik minat calon siswa, serta meningkatkan kualitas dan profesionalitas manajemen sekolah. Macam-macam strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain: pertama, melakukan kunjungan ke TK yang terletak di sekitar daerah tersebut, kemudian melalui sosial media dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan informasi lebih banyak mengenai sekolah, dan yang terakhir melalui website sekolah. Implementasi strategi yang tepat diharapkan mampu mendukung keberlanjutan operasional sekolah dan meningkatkan jumlah pendaftar baru secara signifikan.
Copyrights © 2024