Pembelajaran adalah sebuah prosedur yang dirancang dengan tujuan akhir untuk mencapai penguasaan materi pelajaran yang tidak hanya mencakup aspek teori, tetapi juga kemampuan untuk mengaplikasikan konsep tersebut dalam berbagai situasi. Komponen utama dari proses ini adalah pemahaman konseptual yang berperan penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Dalam konteks ini, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Reguler Pagi di Universitas Indraprasta PGRI dianalisis untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap topik matematika, khususnya pertidaksamaan linear satu variabel. Temuan dari penelitian ini disajikan dalam artikel ini. Kuesioner dikirimkan kepada mahasiswa semester tiga untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif ini. Meskipun 25% mahasiswa masih kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal terkait pertidaksamaan linear, temuan menunjukkan bahwa 75% memiliki pemahaman yang kuat dan mampu menjelaskan serta menerapkan prinsip-prinsipnya. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa pendidikan matematika reguler pagi Universitas Indraprasta PGRI memiliki pemahaman yang sangat baik tentang konsep-konsep dasar terkait pertidaksamaan linear satu variabel.
Copyrights © 2024